Progress Program Ekonomi Berbasis Kerakyatan (Community Based Economical Development) Perkumpulan Wallacea Palopo


Sejak tahun 2006-2007 lalu, Perkumpulan Wallacea Palopo mengembangkan sebuah program dana recovery di tingkat masyarakat untuk membantu permodalan usaha mikro. Program ini kami namakan Pengembangan Ekonomi Berbasis Kerakyatan (Community Based Economical Development) yang belokasi di Kota Palopo. Dananya bersumber dari  YAPPIKA Jakarta,  anggota Perkumpulan WALLACEA, dan dana lembaga Perkumpulan WALLACEA. Awalnya hanya 6 kelompok yang terlayani, dan tidak sampai setahun kemudian meningkat menjadi 9 kelompok.

Secara dampak penyaluran dana recovery mempunyai dampak yang sangat luas terhadap bergeraknya perekonomian  anggota-anggota kelompperkembangan-cbed-wallaceajpg_Page2ok.  Dari Kelompok yang difasilitasi sebanyak 6 kelompok dengan jumlah anggota sebanyak 97 orang sampai saat ini permodalan ditingkat kelompok yang terhimpun secara swadaya dalam kelompok bervariasi mulai dari  Rp. 2.500.000 sampai Rp. 5.000.000 perkelompok yang dihimpun dari dana simpanan pokok, wajib dan sukarela para anggota  serta hasil usaha bersama kelompok.

Selama  sembilan bulan, sejak bulan Juli 2006  sampai Maret  2007, mengalami peningkatan jumlah kelompok penerima,   dari 6  kelompok menjadi 9  atau meningkat  50 %, dengan jumlah  anggota dari 97 orang menjadi 152  orang atau meningkat 45 %.

Dari 6 kelompok yang telah difasilitasi di awal program,  2 kelompok telah berkembang menjadi Kelompok Usaha Bersama (KUB), sedangkan 4 kelompok lainnya  telah menggulirkan modal kelompoknya kepada anggota masing-masing bahkan sudah ada yang memberikan pelayanan diluar anggota.

Lebih lengkap mengenai Program Pengembangan Ekonomi Berbasis Kerakyatan (Community Based Economical Development)   Perkumpulan Wallacea Palopo dapat diunduh dengan format PDF di samping ini: Perkembangan CBED WALLACEA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s