Dari Konsolidasi PHR Se Luwu Raya


Membangun Agenda  dan Gerakan  Bersama 

Oleh: Rais

Puluhan Pendamping Hukum Rakyat (PHR) Se Luwu Raya bertemu kembali di Villa Latuppa Kota Palopo. Villa yang jadi tempat digagasnya Sekolah Pendamping Hukum Rakyat (SPHR) awal  tahun 2013 lalu.

Mereka mengkonsolidasikan diri dalam sebuah gerakan Pendamping Hukum Rakyat (PHR) untuk: “Membangun Kerangka Agenda  Bersama.”

Konsolidasi berlangsung selama dua hari (28 Februari–1 Maret 2014) dilaksanakan  Perkumpulan Wallacea  kerjasama  HuMa. Tujuan kegiatan ini untuk membangun kerangka agenda bersama, sekaligus kelanjutan dari berbagai kegiatan-kegiatan PHR yang telah dilaksanakan sebelumnya di Wilayah Luwu Raya.

DSC00246

Workshop Pewarta Warga dan Konsolidasi PHR Se Luwu Raya

Konsolidasi ini dihadiri oleh beberapa komunitas masyarakat Se-Luwu Raya dan mahasiswa yang ada di Kota Palopo.  Mereka ini adalah wakil komunitas, aktivis mahasiswa yang pernah mengikuti Sekolah Pendamping Hukum Rakyat (SPHR) baik di kampung-kampung maupun kampus-kampus.

Nuansa yang berbeda  di kegiatan ini, jika dibanding kegiatan PHR sebelumnya, yaitu ‘’mengkomparasikan’’  kerja-kerja PHR dengan agenda Pewarta Warga yang diinisiasi oleh Radio Tokalekaju FM dan CRI Yogyakarta.

Hal   yang berkembang dari konsolidasi ini adalah: pentingnya bagi setiap komunitas untuk mengetahui dasar-dasar jurnalistik agar bagaimana kemudian setiap komunitas bisa menuliskan kejadian yang terjadi di wilayahnya,termasuk menulis konflik PSDA yang ada di wilayah masing-masing.

Selain itu, kegiatan  ini pun menjadi ruang evaluasi dan refleksi bagi setiap komunitas yang hadir sehingga lahirlah kerangka peran-peran yang bisa diambil oleh masing-masing komunitas dan mahasiswa.

Kegiatan konsolidasi  PHR di Wilayah Luwu Raya ini adalah awal dari sebuah agenda besar. Rencananya akan lanjutkan dengan konsolidasi dalam skala yang lebih besar,  yakni konsolidasi PHR Se Sulawesi Selatan guna membahas tuntas mengenai kurikulum dan ideologi PHR agar gerakan yang terbangun ke depan bisa bersinergi dan massif, sehingga Kedaulatan Rakyat  menjadi cita-cita bersama bisa terwujud. Semoga. (*)

 

Satu pemikiran pada “Dari Konsolidasi PHR Se Luwu Raya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s