Pertanian Alami Jadi Pilihan Tepat di Wilayah To’ Jambu


Palopo (Wallacea)­_Pertanian organik atau pertanian alami sudah menjadi pilihan tepat bagi  masyarakat To’ Jambu yang ada di Keluarahan Battang Barat. Konsep ini sesuai dengan cara pengelolaan lahan dan kebun yang mereka lakukan selama ini berdasarkan kearifan lokalnya (aturan adat) yang memperhatikan prinsip pelestarian dan daya dukung alam.  Beberapa bulan lalu, diperkenalkan cara pertanian organik/alami memperkuat pilihan masyarakat To’ Jambu mengembangkannya.  120220153858

Melalui Workshop Review Strategi Adovokasi Masyarakat To’ Jambu yang dilaksanakan Perkumpulan Wallacea kerjasama dengan CRI Jogjakarta adalah ‘’Perumusan Pengoptimalan Lahan Kelola’’ sesuai rencana usaha pertanian yang tertuang dalam perencanaan kampungnya. Workshop yang berlangsung selama 2 hari, 11-12 Februari 2015 dilaksanakan di RW 3 Kelurahan Battang Barat Kota Palopo

Penajaman rencana pemanfaatan lahan kelola ini sebagai tindak lanjut dari perencanaan kampung To’ Jambu terutama yang berhubungan dengan visi ‘’sejahtera’’ maka implementasi pengoptimalan fungsi lahan menjadi bagian penting dalam mencapai visi tersebut.

Dalam diskusi yang difasiltasi oleh Perkumpulan Wallacea, warga sepakat melakukan pengoptimalan huma yang memang jadi lahan pertanian masyarakat To’ Jambu sejak dahulu yang luasnya sekitar 1 hektar. “ Jika pengelolaan lahan pertanian tersebut maksimal maka akan memberikan pengaruh terhadap peningkatan taraf hidup masyarakat Battang Barat,’’ ungkap Hasbullah, Ketua Unit Kelola Kampung.

Berdasarkan hasil workshop, rencananya 18 Februari 2015 akan diadakan pertemuan pembahasan sekaligus soialisasi mengenai perencanaan tersebut, selanjutnya tanggal 20 Februari 2015 masyarakat akan mengelola lahan tersebut secara gotong royong.

Koordinator Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan (PEK) Perkumpulan Wallacea mengatakan, masyarakat perlu mengoptimalkan pemanfaatan lahan secara bersama agar bisa memberikan dampak yang nyata dalam kehdupan ekonomi masyarakat. Selain itu pengelolaannya akan menggunakan pupuk organik,’’tutupnya. (hajar alfarisy)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s