Petani Uraso Bentuk Lembaga Keuangan Mikro Aneka Usaha


_MG_0176Kebutuhan mayarakat dalam mengorganisasikan sumberdaya yang dimilki menjadi hal utama dalam pemberdayaan masyarakat pedesaan, Difasilitasi perkumpulan wallacea Warga Liku Dengen dan Tuwu mengikuti Pelatihan pengelolaan lembaga ekonomi / keuangan Micro desa Uraso selama tiga hari di Baruga Liku Dengen (27- 29 Agustus 2015)

Berdasarkan hasil musyawarah, peserta kegiatan membentuk Lembaga Keuangan Mikro Aneka Usaha Liku Dengen, dipilihnya lembaga keuangan Aneka Usaha karena lembaga tersebut kedepannya akan menangani beragam usaha ekonomi masyarakat.
Marsus Zakaria fasilitator kegiatan menyampaikan kedepan Masyarakat akan mengoptimalkan hasil pengelolaan sumber daya yang ada diwilayah ini melalui lembaga ekonomi.

“lembaga ekonomi ini nantinya akan mengelola hasil pertanian, perkebunan dan madu hutan. Jika biasanya masyarakat menjual langsung hasil usahanya, kedepan melalui lembaga ekonomi ini diharapkan tidak lagi seperti itu tetapi akan diolah lagi agar nilai tambah bisa dinikmati oleh masyarakat” Ungkapnya lebih lanjut.

Selain pembentukan lembaga ekonomi disusun juga anggaran dasar dan Anggaran Rumah Tangga, struktur pengurus serta unit lembaga yang terbentuk terdiri dari Unit Produksi , Unit sarana prasaran pertanian (saprotan) , Unit pendidikan,Unit pemasaran, Unit Kredit. kelima unit ini akan menopang kerja lembaga keuangan mikro aneka usah Liku dengen.

_MG_0201“Akis Nuru peserta kegiatan sekaligus ketua terpilih mengatakan memang kebutuhan petani adalah bagaimana hasil usahanya bisa memiliki nilai tawar dipasaran agar kesejahteraan petani yang dicita citakan bisa tercapai.

“Ada hal yang biasanya dilupakan oleh petani , sebenarnya petani memilki kekuatan tetapi belum dilembagakan, dengan pembentukan lembaga ekonomi ini kita berrharap mampu mengelola hasil pertanian bukan untuk langsung dijual tetapi kita akan berusaha mengemasnya dalam bentuk yang lain agar memilki nilai jual lebih”.Ungkapnya.

(Laporan Hajar Alfarisy)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s