Deklarasi Federasi Petani Sulawesi Selatan


12063795_1201508963209580_7214478583820389899_n

Tahun 2015 adalah tahun bersejarah bagi kaum tani di Sulawesi Selatan. Tahun ini adalah tahun dimana kami berkumpul, berdiskusi, menyamakan pandangan agar berbagai tantangan yang dihadapi kaum tani bisa kita selesaikan secara bersama sama.

Menurut kami, secara umum tantangan yang dihadapi petani Sulawesi Selatan adalah kurangnya lahan pertanian, konflik / sengketa agraria, dan Produksi Pertanian.Hal ini menjai alasan mendasar mengapa kami berkumpul dan membentuk organisasi. Kami berkeyakinan agar organisasi ini dapat menjadi lokomotif untuk memperjuangkan hak social ekonomi dan Politik petani di Sulawesi Selatan. Selain itu kemandirian pertanian melalui pertanian alami akan menjadi kegiatan kami agar organisasi ini terus bekerja.

Tanamkan dihati dan pikiran kita bahwa petani Indonesia / petani Sulawesi selatan adalah kelompok manusia yang paling berjasa atas kehidupan manusia yang lain. Sebab petanilah mereka makan dan tetap bertahan hidup, namun jasa jasanya itu tidak pernah diapresiasi. Petani selalu diambil tanahnya, produksi petani tak pernah dihargai dengan nominal rupiah sesuai dengan jerih payahnya. Kita selalu dipaksa untuk menggunakan pupuk dan racun kimia. Sementara pupuk dan racun kimia itu harganya sangat mahal. Petani selalu dianggap sebagai kelompok yang menghalangi pembangunan. Padahal kami bekerja untuk kehidupan manusia.

Kami percaya bahwa ditanah ini, di Benteng Somba Opu. Kita berkumpul, berorganisasi dan mendeklarasikan membentuk Federasi Petani Sulawesi Selatan Untuk Mewujudkan Reforma Agraria Menuju Kemandirian dan Kedaulatan Pangan Nasional Menuju Kesejahteraan Petani

Benteng Somba Opu, 29 september 2015

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s