Warga To Jambu Panen Perdana Bawang Merah


Laporan Hajar Alfarisy

(IMG_5288.JPGWALLACEA-Battang Barat),  Rabu (3/1/2016) Masyarakat To Jambu Battang Barat lakukan panen perdana bawang merah. Panen  tersebut dihadiri Camat Wara Barat, Lurah Battang Barat dan tokoh masyarakat.

Sekitar seperempat hektar lahan di wilayah Rw 2 Battang Barat  yang ditanami bawang merah sejak 2 bulan lalu kini dipanen.  “Ini baru 5 orang yang mengelola lahan mereka secara produktif, namun memberikan kita harapan bahwa potensi tanaman bawang merah bagus di wilayah kita,” ungkap Rais tokoh pemuda Battang Barat.

IMG_5156 Abdul Waris Wara memuji keberhasilan masyarakat To Jambu Battang Barat membudidayakan bawang merah.  Setelah menguji coba beberapa tempat menanam bawang merah, seperti di Saragi, Latuppa, dan Battang Barat hanya di Battang Barat hasilnya cukup menggembirakan.  ”Kita menguji coba menanam 400 kg di Battang Barat, 100 kg di Latuppa, dan 50 kg di Saragi. Namun uji coba di Saragi dan Latuppa gagal sementara untuk Battang Barat berhasil,” ungkap Waris Wara.

Dari penyampaiaan AbIMG_5264dul Waris, jika panen ini berhasil, dari yang ditanam 400 kg masyarakat bisa memanen sampai 8 ton, menurutnya sudah ada dari makassar yang memesan 2 ton bawang merah.

Sementara itu, Camat Wara Barat Andi  Waru Bintang, SP dalam sambutannya mengatakan, budidaya bawang merah memberikan harapan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Cuma kedepan banyak hal yang harus dibenahi, masyarakat harus mengerti mengenai bagaimana cara bertani bawang merah agar hasilnya lebih meningkat.(*)

 

 

Iklan