Massolong di Seko dan FPIC


fpicPenghargaan terhadap  masyarakat atau komunitas pada akhirnya adalah  memastikan pembangunan itu untuk masyarakat sebagai syarat penting, tidak menjadikan masyarakat sebagai korban dan merusak ttempat hidup mereka karena alasan pembangunan  hal ini ditemukan dalam semangat kearifan masyarakat Seko yang dikenal dengan istilah massolong.

Massolong dilakukan jika ada orang besar yang masuk ke wilayah seko lalu dibuatkan ritual penyambutan dengan menyediakan jolong berupa wadah baki yang berisi beras putih, tiga butir telur, dan diberikan ayam jantan putih.

Menurut Abram tokoh adat Seko ritual massolong dilakukan tidak sembarangan, ritual itu bukan untuk memberikan penghargaan bagi orang orang yang akan merusak Seko tetapi kepada orang yang tulus membangun Seko. Hal ini bisa dilihat dari nilai filosofis dari media yang digunakan dalam acara tersebut berupa jolong ( baki dari kuningan), beras putih, tiga telur dan ayam jantan putih.

Jolong atau wadah seperti baki yang terbuat dari kuningan  menggambarkan wilayah Seko secara keseluruhan. beras diidentikkan  masyarakat, warna putih, kejernihan hati masyarakat Seko, tiga telur mewakili tokoh adat, pemerintah, agama harus selalu bersinergi, termasuk dalam pengambilan keputusan  penting, ayam jantan putih yang diberikan kepada tamu memiliki arti diharapkan orang tersebut dapat membantu dan melindungi masyarakat seko.

Memahami semangat massolong tersebut, ia memiliki kesamaan semangat dengan mekanisme FPIC. FPIC sebagai keputusan bebas ditingkat masyarakat berdasarkan informasi yang lengkap  tanpa mengorbankan masyarakat. Semua orientasi pembangunan harus mendapat legitimasi dari masyarakat. Perusahaan atau pemerintah dituntut dapat memperlihatkan bahwa memang pembangunan itu murni untuk masyarakat bukan pembangunan yang pada akhirnya merusak wilayah tempat mereka menggantungkan kehidupannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s