Bonelemo Barat, Budidayakan Tanaman Holtikultura


lahan-bb

Warga Desa Bonelemo Barat Menanam Bawang Merah

Sejak September 2016, warga Bonelemo Barat, Kecamatan Bajo Barat Kabupaten Luwu mengoptimalkan pemanfaatan wilayah kelolanya dengan menanam tanaman holtikultura, khususnya bawang merah. Tidak sampai disitu usaha pertanian tersebut kedepannya direncanakan akan dikembangkan dengan cara pertanian alami atau organik.

Palindrungi Arsyad, Kepala Desa Bonelemo Barat saat berada di lokasi penanaman bawang merah mengatakan bahwa upaya menanam bawang merah ini sudah penanaman tahap ke tiga. ”Sejak Agustus kami memulai penyiapan lahan, penanaman tahap pertama  pada 26 September. Sekarang penanaman tahap ke tiga lokasinya di persawahan yang tidak diolah oleh masyarakat karena pengerjaan irigasi, sekarang kami menanam bawang merah sekitar 3 hektar,” ungkapnya.

 

14484723_217720921978854_5018333711198080391_n

Partisipasi Perempuan dalam Usaha Pertanian Holtikultura di Desa Bonelemo Barat

Lanjutnya, sebagian lahan yang dimanfaatkan masyarakat adalah lahan yang menurut warga kurang subur dan tidak dikelola. “Saya mengajak masyrakat untuk belajar ke Enrekang, melihat bagaimana keluarga disana mengoptimalkan pemanfaatan lahannya. Keluarga dari Enrekang mengatakan bahwa lahan di sini sangat baik untuk pengembangan tanaman holtikultura, sekarang keluarga dari sana yang menfasilitasi penyuluhan didesa kami termasuk menyediakan 3 buah handtraktor kecil,” kata  Palindung.

Kedepannya diupayakan penanaman tanaman holtikultura lain, seperti kentang, kol dan wortel. ”Kami berharap kedepannya juga disini akan dikembangkan pertanian alami (organik) . Pilihan ini selain untuk meningkatkan sumber ekonomi masyarakat juga mengajak masyarakat untuk tetap menjaga lingkungan, termasuk daerah pegunungan harus dijaga, pembukaan lahan tidak sembarangan agar tidak berdampak negatif pada masayarakat sekitar,” tutupnya.

Laporan : Hajar Alfarisy

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s